Momen-momen Rekor Transfer Liga Inggris

Berita

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Momen-momen Rekor Transfer Liga Inggris

Manchester United baru saja merampungkan transfer Angel Di Maria dari Real Madrid. Untuk mewujudkan transfer ini, United dikabarkan harus merogoh kocek sebesar £59,7 juta, nilai transfer yang memecahkan rekor transfer dalam sejarah liga Inggris.

Perjalanan rekor transfer di Inggris sendiri dimulai ketika Alf Common di transfer dari Sunderland ke Middlesbrough pada 1905 dengan nilai transfer seribu poundsterling. Kala itu Common menjadi pesepakbola Inggris pertama dan menjadi pemain dengan bayaran tertinggi selama enam musim.

Dengan nilai transfer ‘hanya’ seribu pounds, beberapa kali rekor transfer berhasil dipecahkan. Namun untuk menyentuh £10 ribu, liga Inggris membutuhkan waktu selama 23 tahun. Adalah David Jack, pencetak gol pertama pada final FA Cup di Wembley, yang merupakan pemain pertama seharga £10 ribu ketika hijrah dari Bolton Wanderers menuju Arsenal.

Pada tahun 1960, rekor transfer liga Inggris menembus £100 ribu. Itu terjadi ketika Manchester United mendatangkan Denis Law dengan nilai transfer sebesar £115 ribu.

Kemudian, Trevor Francis menjadi pemain pertama yang dihargai satu juta poundsterling di liga Inggris. Pada tahun 1979 ia hijrah dari Birmingham City ke Nottingham Forest. Francis yang berposisi sebagai penyerang ini kemudian hijrah ke Manchester City pada 1981 dengan nilai transfer yang sama.

Lonjakan rekor transfer terjadi pada tahun 1995 di mana Andy Cole ditransfer Manchester United dari Newcastle dengan harga £7 juta. Transfer itu memecahkan rekor transfer Bryan Robson dengan nilai transfer £1,5 juta.

Rekor transfer Andy Cole tersebut tak bertahan lama, karena setahun berselang, Newcastle United mengguncang persepakbolaan liga Inggris dengan memboyong (kembali) Alan Shearer dari Blackburn  Rovers dengan nilai transfer £15 juta.

Baru lima tahun kemudian rekor tersebut berhasil dipecahkan. Rekor transfer yang hampir dua kali lipat dari harga Shearer ini ditorehkan oleh gelandang asal Argentina, Juan Sebastian Veron. Didatangkan dari Lazio, Veron saat itu memang disebut-sebut sebagai gelandang terbaik dunia. Namun karirnya meredup setelah menderita cedera panjang ketika berbaju Chelsea pada periode 2003-2007.

Ternyata rekor transfer tak hanya berhenti sampai di situ. Manchester United lagi-lagi merogoh koceknya lebih dalam pada tahun 2002. Saat itu, Sir Alex Ferguson mendatangkan Rio Ferdinand dari Leeds United dengan nilai transfer £29 juta. Transfer ini membuat Ferdinand menjadi bek termahal dunia saat itu.

Chelsea dengan pemilik barunya Roman Abramovich ikut pamer kekayaan pada 2006. Andriy Shevcenko didatangkan dari AC Milan dengan nilai transfer sebesar £30 juta. Milan rela melepasnya karena performa Shevcenko saat itu memang sedang menurun.

Transfer mengejutkan terjadi pada 2011 ketika Liverpool mendatangkan Andy Carrol dengan biaya transfer £35 juta. Ini adalah kali kedua Liverpool memecahkan rekor transfer liga Inggris. Sebelumnya, pembelian Stan Collymore dengan harga £8,5 juta cukup menjadikannya pemain termahal pada 1995.

Namun rekor tersebut hanya bertahan selama beberapa jam karena di hari yang sama, Liverpool menjual Fernando Torres ke Chelsea dengan nilai transfer £50 juta. Namun transfer ini dinilai menjadi blunder transfer terbesar di dunia karena setelah berseragam Chelsea, performa Torres tak sehebat nilai transfernya.

Rekor Torres inilah yang kemudian dipecahkan oleh MU dengan mendatangkan Di Maria pada bursa transfer musim panas ini. Dan tentunya MU berharap penampilan Di Maria bersama United nanti tak senasib dengan Torres.

foto: manchestereveningnews.co.uk

Komentar