Pecat Mourinho Sekarang atau Tunggu Guardiola, Chelsea?

Berita

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Pecat Mourinho Sekarang atau Tunggu Guardiola, Chelsea?

Kekalahan Chelsea atas Liverpool membuat media beramai-ramai memberitakan bahwa sang manajer, Jose Mourinho, tinggal menghitung hari-harinya di kesebelasan asal London tersebut. Beberapa sumber mengatakan bahwa masa depan The Special One akan ditentukan dari hasil pertandingan Chelsea melawan Dynamo Kiev dan Stoke City sepekan ke depan.

Dari sekian banyak kabar miring tentang pemecatan Mou, mantan pelatih Chelsea, Ray Wilkins, ikut buka suara. Asisten pelatih yang baru saja dipecat dari Aston Villa bersama sang manajer, Tim Sherwood, ini menyatakan bahwa Mourinho akan tetap bersamaChelsea setidaknya hingga akhir musim.

Pernyataan ini lahir dengan alasan bahwa saat ini tak ada manajer yang layak untuk menggantikan Mourinho di Chelsea. Memang terdapat nama Carlo Ancelotti yang santer dikabarkan akan mengambil alih kursi kepelatihan Mou, namun status pelatih asal Italia tersebut saat ini tengah rehat pasca didepak dari Real Madrid.

“Saya pikir Jose [Mourinho] akan masih memiliki pekerjaan itu. Siapa yang bisa mengambil alihnya?” ujar Wilkins seperti yang ditulis laman Express. “Hanya ada Carlo Ancelotti di luar sana yang tersedia dan bisa mengisi tempatnya. Tapi saya pikir mereka [Chelsea] akan terus melanjutkannya dengan Jose.”

Ancelotti memangnya bukan tak layak menangani Chelsea. Hanya saja saat ini, dengan minimnya pilihan, bisa jadi keputusan tersebut malah akan menjadi bumerang bagi Chelsea. Soal kesiapan Ancelotti yang kembali berhadapan dengan tekanan media Inggris pun patut dipertanyakan, apalagi dengan kondisi Chelsea seperti sekarang ini.

Di tempat lain, menurut laporan The Sun, terdapat manajer asal Italia yang juga punya reputasi tinggi sebagai manajer papan atas yang secara terang-terangan siap menangani Chelsea. Ia adalah eks pelatih timnas Inggris, Fabio Capello.

Capello yang saat ini tengah menganggur sejak kontraknya diputus timnas Rusia, sudah sebulan terakhir mengikuti perkembangan Chelsea. Ia pun bahkan mengamini pendapat khalayak yang menyatakan bahwa Mourinho bukanlah manajer untuk jangka panjang.

“Mourinho adalah pelatih hebat. Namun ia akan bermasalah dengan para pemainnya setelah satu setengah musim atau maksimal dua musim. Saya sudah mendengar ini ketika ia masih di Real Madrid, dan sekarang kita semua mendapatkan konfirmasi dari London,” ujar pelatih berusia 69 tahun tersebut.

Memang beredar kabar bahwa sejumlah pemain Chelsea saat ini tak kerasan dengan Mourinho. Bahkan ada juga kabar yang menyebutkan bahwa seorang pemain Chelsea mengatakan bahwa ia lebih baik kalah dibanding harus menang untuk Mourinho.

Meskipun begitu, berita tersebut belum dapat dikonfirmasi kebenarannya. Malah beberapa pemain menyatakan dukungannya terhadap manajer asal Portugal tersebut. Mereka percaya bahwa Mourinho bisa membalikkan keadaan.

“Situasinya memang sedang tidak bagus bagi Jose, pemain dan fans. Tetapi semua orang siap membantu manajer. Chelsea harus kembali ke jalur kemenangan,” papar Oscar seperti yang dilansir laman resmi Chelsea.

Para pemain memang boleh saja mendukung sang manajer. Namun keputusan tetap ada pada Roman Abramovich sebagai presiden klub. Kesanggupan taipan asal Rusia ini melihat klubnya mengalami kekalahan demi kekalahan sedang diuji dan kapan pun bisa saja mencapai batasnya.

Tapi untuk diketahui, Mourinho baru saja meneken kontrak baru bersama Chelsea pada awal musim 2015/2016. Kontraknya tersebut berdurasi selama empat musim ke depan dengan total nilai gaji untuk Mou sebesar  lebih dari sembilan juta poundsterling. Karenanya untuk memecat Mou, Abramovich diharuskan membayarkan sisa kontraknya itu yang jika dirupiahkan mencapai lebih dari 200 miliar.

Bagi Abramovich, mungkin bukan hal yang sulit untuk membayar sisa gaji Mourinho tersebut. Namun untuk saat ini, rasanya opsi yang tepat adalah memberikan kesempatan Mou hingga akhir musim. Seberapa buruk atau seberapa hebat Mou bisa terlihat jelas pada akhir musim nanti.

Pada akhir musim pun akan banyak tersedia manajer-manajer dengan level Mourinho yang sangat memungkinkan untuk pindah, tidak seperti sekarang ini. Jangan lupakan pula, kontrak Pep Guardiola dengan Bayern Munchen pun akan habis pada akhir musim ini.

Rasanya akan menjadi pilihan yang tepat jika seorang Mourinho digantikan manajer sekaliber Guardiola yang sejauh ini kehebatannya telah terbukti bersama Barcelona dan juga Bayern Munchen. Abramovich pun bisa dengan yakin untuk move on dari Mourinho, jika memang hingga akhir musim tak sesuai harapan, dan beralih pada Guardiola yang akan lebih menjanjikan bagi masa depan Chelsea dalam menuai prestasi.

foto:

Komentar