Peter Cech Tumbal Mourinho di Musim Ini?

Berita

by redaksi

Peter Cech Tumbal Mourinho di Musim Ini?

Liga Inggris memiliki aturan tersendiri mengenai jumlah pemain asing yang diperbolehkan masuk ke dalam skuat. Peraturan tersebut menyatakan bahwa sebuah klub maksimal memiliki 17 pemain asing berusia di atas 21 tahun. Aturan ini berlaku setelah bursa transfer musim panas, pada akhir Agustus mendatang ditutup.

Aturan ini pula yang membuat Jose Mourinho mengalami dilema. Hingga saat ini, Chelsea memiliki 18 pemain asing, atau lebih satu pemain dalam batas yang telah ditentukan. Mou harus memastikan siapa pemain yang harus pergi sebelum memasuki bulan September. Mari kita review sejumlah pemain yang digembar-gemborkan akan dibuang Mou.

Sebelumnya, tersiar nama Victor Moses akan segera angkat kaki dari Chelsea pada musim ini. Meski berkewarganegaraan Nigeria, tapi Moses dianggap sebagai “Home-ground player” karena sudah merumput di Inggris sejak usia 15 tahun. Ia bahkan masuk timnas Inggris U-16, U-17, U-19 dan U-21.

Mourinho pun sempat mengeluarkan pendapat, “Kami memiliki satu masalah untuk diselesaikan. Kami kelebihan satu pemain asing saat ini, sedangkan Victor bukanlah pemain asing. Kami memiliki Hazard, Willian, Salah, dan Schurrle. Posisi terbaik Victor adalah bermain di sayap. Tapi ia orang Inggris, dan pada saat ini kami harus melepas satu pemain asing.”

Dari perkataan tersebut dapat diambil simpulan bahwa Mou sebenarnya tidak terlalu membutuhkan Moses. Sebabnya, di posisi tersebut sudah ada pemain yang dianggap lebih berkualitas. Namun, beberapa jam setelah pernyataan tersebut, Moses lantas dipinjamkan ke Stoke City untuk satu musim. Namun, masalah kelebihan satu pemain tersebut masih belum dapat diselesaikan.

Terdapat sejumlah spekulasi siapa yang akan tinggal dan akan pergi. Media-media di Inggris menyebut ada empat nama yang berpeluang meninggalkan Stamford Bridge. Mereka adalah Petr Cech, Fernando Torres, Marco van Ginkel, dan John Obi Mikel. Siapa yang berpeluang besar?

Nasib Petr Cech sebenarnya ditentukan saat Chelsea bertandang ke Turf Moor untuk menghadapi Burnley. Sejumlah pihak beranggapan jika Cech tidakk dipasang, maka ia kemungkinan besar yang akan pergi. Pertanyaan pun segera terjawab. Mou memasang Courtois sebagai kiper utama.

Sebagai kiper yang berpengalaman, Cech sering dikaitkan dengan sejumlah klub besar. Tapi, Cech saat ini, bukanlah Cech sepuluh tahun lalu yang mampu menggusur Carlo Cudicini sebagai kiper utama Chelsea.

Jika dibandingkan dengan tiga pemain lainnya, posisi  Cech memang teramat rawan. Marco van Ginkel baru saja sembuh dari cedera. Ia diharapkan mampu menjaga keseimbangan lini tengah The Blues. Bagaimana dengan Mikel? Ini tentu berkaitan. Karena secara natural Van Ginkel bukanlah pemain yang diplot untuk bertahan, maka Mikel masih memiliki peranan yang kuat bagi Chelsea. Meski ia tidak akan bermain disetiap pertandingan, setidaknya, Mikel masih menjadi bagian dari rencana Mourinho untuk musim ini.

Fernando Torres? Meskipun tak sebaik saat kariernya menanjak di Liverpool, tapi setidaknya Torres telah memberikan opsi serangan bagi Chelsea. Ia bisa bermain lebih melebar atau sebagai target man. Maka, saat Chelsea menghadapi jalan buntu, ia bisa menjadi jawaban untuk itu semua

Dari paparan di atas, menurut Anda, siapakah pemain yang akan meninggalkan Chelsea? Mungkinkah Cech?

Jangan lupa, kontrak Courtois hanya hingga 2016 dan ia belum memperpanjang kontrak tersebut. Meski telah direkrut Chelsea sejak 2011, Courtois menghabiskan tiga tahun bersama Atletico. Lantas, apakah merupakan langkah yang tepat jika Mou mendepak Cech?

Sumber gambar: sockerkickz.com

[fva]

Komentar