Imbauan Pemerintah Inggris untuk Suporter yang Tandang ke Prancis

Cerita

by Redaksi 46

Redaksi 46

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Imbauan Pemerintah Inggris untuk Suporter yang Tandang ke Prancis

Pemerintah United Kingdom (UK) yang mencakup Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara, mengeluarkan tips dan himbauan buat penggemar yang akan bertandang ke Prancis. Tips ini menjadi penting karena selain Skotlandia, tiga negara UK lolos ke Piala Eropa 2016.

Perjalanan dari London ke Paris memang bisa ditempuh 2 jam 16 menit dengan menggunakan kereta, dan satu jam 10 menit dengan pesawat. Namun, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan para penggemar sebelum maupun saat menginjakkan kaki di Prancis.

Pemerintah UK punya 11 saran agar warganya tak ada masalah yang menimpa warganya. Tentu, saran-saran tersebut akan berguna bukan cuma buat warga UK, tetapi juga mereka yang akan datang ke Prancis di gelaran Piala Eropa 2016 nanti. Berikut kami sadurkan himbauan bertajuk "Euro 2016 Traveller`s Tactics" untuk Anda.

Siap-Siap!

Sebelum berangkat ke Prancis, penggemar mesti mengecek segala peraturan yang ada di Prancis. Penting buat penggemar untuk mengecek informasi terkait hukum dan aturan imigrasi di Prancis. Jangan sampai melanggar peraturan yang membuat penggemar malah dideportasi.

Akomodasi

Penting bagi penggemar untuk memastikan tempat tinggal sebelum berangkat ke Prancis. Dengan puluhan ribu bahkan ratusan ribu penggemar yang akan datang, ketersediaan kamar pun akan menipis karena diperebutkan oleh banyak orang. Tentu, tak nyaman bukan bermalam di warung cepat saji 24 jam.

Tiket

Kalau tujuan ke Prancis adalah untuk mendukung kesebelasan negara masing-masing, maka tiket pertandingan adalah barang yang paling penting. Tanpa tiket, teriakkan kita kecil kemungkinannya akan ter konversi menjadi dukungan buat tim. Pembelian tiket tentu tak bisa asal, Anda mesti membelinya di tempat-tempat terpercaya. Soalnya, penjualan tiket di luar stadion di Prancis itu ilegal ternyata.

Kartu EHIC

Bagi warga Eropa, diperlukan kartu European Health Insurance Card (EHIC). Kartu ini menjadi syarat pembuktian kesehatan Anda selama tinggal di area Ekonomi Eropa. Pastikan Anda memahami kegunaan kartu tersebut.

Asuransi

Selain kartu EHIC, Anda juga disarankan memiliki asuransi perjalanan yang bisa menutupi rencana dan kegiatan yang akan Anda lakukan.

Menyetir

Jarang buat seseorang menyetir mobil saat berpergian ke luar negeri. Namun, karena persoalan geografis, amat memungkinkan penggemar dari UK berpergian ke Prancis dengan menggunakan kendaraan pribadi lewat jalur darat disambung dengan perjalanan laut. Yang perlu menjadi catatan adalah perbedaan aturan menyetir di beberapa negara Eropa. Inggris berkendara di kiri, sementara Prancis di sisi kanan.

Passport

Paspor adalah benda paling penting dalam berkendara ke luar negeri. Agar tak mendapatkan masalah serius soal imigrasi, simpanlah paspor di tempat yang mudah dijangkau dan aman dari tangan-tangan jahil. Pemerintah UK menyarankan agar paspor digandakan sebagai dokumen penunjang apabila paspor yang asli hilang.

Datang Lebih Cepat

Terdapat budaya yang berbeda di negeri orang. Menyaksikan pertandingan liga, dengan pertandingan antar negara mestinya diperlakukan berbeda. Salah satu caranya adalah dengan datang lebih cepat. Soalnya, akan terjadi antrean panjang mulai dari transportasi publik, sampai ke akses stadion. Dan yang paling penting adalah selalu mengikuti anjuran pihak berwenang.

Bertanggungjawab

Minuman beralkohol bukanlah sesuatu yang sulit dijumpai di Eropa. Namun, Prancis punya aturan ketat soal alkohol. Di stadion, misalnya, tidak boleh ada iklan yang menuliskan langsung merek alkohol. Pun dengan penggemar yang sudah mabuk berat, dipastikan tak boleh masuk ke stadion. Penggemar pun diperingatkan agar tidak membuat keributan yang mengganggu ketertiban umum.

Hubungi Perwakilan Negara

Di Prancis, penggemar bisa mengontak nomor 112 sebagai nomor darurat. Selain, itu penggemar pun sebisa mungkin mencatat nomor kontak perwakilan negara masing-masing di Prancis sebagai antisipasi kejadian darurat. Kalau berangkat dalam rombongan, setidaknya miliki kontak perwakilan rombongan dan selalu bergerak bersama-sama.

***

Dengan mengikuti anjuran di atas, peluang untuk lebih nyaman mendukung atau sekadar menyaksikan pertandingan, bisa lebih tinggi. Apalagi, anjuran ini dikeluarkan secara resmi oleh Pemerintah UK.

Satu hal yang paling penting tentu menjaga keamanan diri sendiri serta tak mengganggu ketertiban umum, karena rumah adalah tujuan akhir dari sebuah perjalanan.

Komentar