Pemain Spekulatif FPL Pilihan PanditFootball: Gameweek 19

Fantasy Premier League

by redaksi

Pemain Spekulatif FPL Pilihan PanditFootball: Gameweek 19

Menjelang Tahun Baru 2017, Liga Inggris dan para manajer FPL justru akan disuguhkan hiburan (sekaligus bahan berpikir) pertandingan-pertandingan dengan jadwal yang padat dan tenggat waktu yang sempit.

Jadwal padat mengakibatkan sekian manajer Liga Inggris harus memutar otak menentukan komposisi terbaik di setiap pekan pertandingan (gameweek, selanjutnya akan disingkat menjadi GW). Pekan seperti ini juga cukup menarik untuk memasukkan nama-nama yang bersifat spekulatif, karena rotasi kemungkinan akan terjadi di festive period ini.

Apa Itu Pemain Spekulatif?

Jika Anda baru pertama kali membaca serial artikel pemain spekulatif FPL kami, perlu kami jelaskan terlebih dahulu.

Kriteria pemilihan pemain spekulatif pada artikel kami cukup sederhana, yaitu pemain yang dimiliki dengan kisaran 5.0%+ atau ke bawah.

Pemilihan pemain berkategori spekulatif dapat dibutuhkan jika para manajer FPL berniat mengejar poin lawan di mini-league. Pemain-pemain seperti ini bisa menjadi pembeda yang membuat tim manajer FPL mendapat poin tanpa tersaingi banyak manajer lain.

Tapi penamaan spekulatif juga bukan tanpa alasan, karena memilih pemain dengan kepemilikan rendah membuat manajer FPL kesulitan bersaing jika para pemain dengan angka kepemilikan tinggi meraih poin besar. Jika Anda adalah seorang risk taker maka artikel ini akan cocok untuk Anda.

Rekap Pemain Spekulatif Gameweek 18

Lagi-lagi, rekor baik kami yang terus mendapat poin setidaknya dari satu pemain di setiap GW terjaga di GW18. Fernando Llorente (5 poin) berhasil memberikan 1 gol saat melawan West Ham United. Sayang sekali keberhasilan ini tidak diikuti oleh Wayne Rooney (0) dan Enner Valencia (0). Dua nama terakhir bahkan tidak bermain satu menitpun.

Pemain Spekulatif Gameweek 19

Melihat tim pilihan GW19 yang diisi dengan seimbang: empat bek, empat gelandang, dan dua penyerang, serta masing-masing satu pemain cadangan di posisi tersebut; kami pun membuat artikel spekulatif yang seimbang: satu bek, satu gelandang, dan satu... gelandang lagi, tapi yang out of position menjadi penyerang. Mereka yang beruntung untuk kami sebutkan adalah…

Henrikh Mkhitaryan (Man United)
Harga: £8.9
Kepemilikan: 2.4%

Setelah awal musim yang sepi di Manchester United, pemain asal Armenia ini akhirnya bisa menunjukkan sepercik penampilan terbaiknya dengan berhasil mencetak dua gol di dua pertandingan terakhirnya. United juga sedang on fire di lini depan, hal ini semakin mendukung kami untuk memilih Henrikh Mkhitaryan sebagai pemain spekulatif utama. Sekarang, seharusnya, kita hanya tinggal menunggu bagaimana Miki bisa mereplikasikan penampilannya saat masih di Dortmund, untuk diaplikasikan juga di United. Dalam dua pertandingan terakhir, Mkhitaryan berhasil melakukan 5 tembakan (2 on target dan 2 itu yang menjadi gol), 9 sentuhan di dalam kotak penalti, dan 4 operan kunci.

Jay Rodriguez (Southampton)
Harga: £6.3
Kepemilikan: 0.7%

Pemain yang satu ini adalah pemain yang kami maksud sebagai gelandang yang dimainkan sebagai penyerang (out of position di FPL). Sebelumnya, Jay Rodriguez pernah menjadi buah bibir di FPL 2013/2014 dengan 15 golnya. Namun setelah berbagai cedera, penampilannya mulai menurun. Sekarang, setelah ia sembuh dari cedera, ia kembali menjadi andalan, apalagi setelah Charlie Austin cedera. Dalam empat pertandingan terakhir, pemain asal Inggris ini berhasil 2 gol dari 9 tembakannya (terbaik di Southampton bersama Nathan Redmond) yang 7 di antaranya ia lepaskan dari dalam kotak penalti (terbaik) dan 5 di antaranya tepat sasaran (terbaik). Ia juga mencatatkan 13 sentuhan di dalam kotak penalti lawan dalam periode yang sama. Lawan Southampton di GW19, West Bromwich Albion, adalah kesebelasan yang sudah kecolongan 57 tembakan dalam empat pertandingan terakhir (terbanyak kelima di liga).

Harry Maguire (Hull City)
Harga: £4.4
Kepemilikan: 0.0%
(what the... ini sungguhan, lho)

Kami hampir selalu menampilkan nama terakhir yang merupakan pemain yang paling mencerminkan kata spekulatif untuk pekan ini, sampai-sampai angka kepemilikannya saja mendekati 0%. Bayangkan, hampir tidak ada manajer FPL yang memasang Harry Maguire! Jujur saja, pertahanan Hull City memang tidak terlihat menjanjikan sama sekali, apalagi Maguire adalah seorang pemain bertahan. Tapi kita harus melihat statistik pemain yang satu ini. Dalam empat pertandingan terakhir, Maguire selalu dimainkan sebagai starter oleh Mike Phelan. Ia berhasil mencatatkan satu asis meskipun harus kebobolan 10 kali. Angka impresifnya terletak pada potensi menyerangnya. Perhatikan baik-baik: 9 tembakan, 7 dari dalam kotak penalti, dan 4 on target, angka-angka itu adalah angka terbaik di antara seluruh bek Liga Primer dalam rentang waktu empat GW terakhir. Tidak cukup sampai di situ, ia juga berhasil mencatatkan 12 sentuhan di dalam kotak penalti lawan (terbaik kedua, sempat-sempatnya, ya?), serta kontribusinya dalam bertahan juga patut diacungi jempol dengan 10 tekel sukses (terbaik ketiga) dan 5 blok (terbaik ketiga) dalam rentang waktu yang sama. Tapi yang harus diingat adalah lawan Hull pada GW19 nanti adalah Everton yang memiliki konversi gol terbaik kedua di Liga Primer dalam empat pertandingan terakhir dengan 15,38%.

***

Apakah kalian sudah siap menjalani GW19, FPL managers?

Kita nantikan saja kejutan-kejutan pekan ini, salam panah hijau dan selamat Tahun Baru 2017! ....dan selamat datang juga jendela transfer musim dingin!

Komentar