Juara Liga Turki, Besiktas Adakan Parade di Laut

Berita

by Redaksi 25

Redaksi 25

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Juara Liga Turki, Besiktas Adakan Parade di Laut

Merayakan kemenangan bisa dilakukan dengan cara apapun. Mulai dari melakukan parade hingga menggelar sebuah konser. Real Madrid merayakan kemenangan Liga Champions UEFA mereka dengan melakukan pawai di sekitar Kota Madrid dan diakhiri dengan pesta besar di markas mereka, Santiago Bernabéu.

Namun, cara unik dan berbeda dilakukan kesebelasan Turki, Besiktas. Dalam rangka merayakan kemenangan mereka di Liga Super Turki (Süper Lig), seperti halnya kesebelasan lain, mereka mengadakan parade. Namun, parade yang mereka adakan bukan di jalanan menggunakan bus atap terbuka seperti yang biasa dilakukan kesebelasan besar Eropa pada umumnya. Mereka mengadakan parade di laut menggunakan sebuah kapal pesiar.

Kontan saja, parade mereka menarik perhatian beberapa kapal di sekitar Selat Bosphorus di Istanbul dan bahkan “ikut” dalam parade tersebut; mengikuti iring-iringan mereka. Parade itu rupanya digelar sebelum Besiktas menjalani laga terakhir mereka di Liga Turki melawan Osmanlıspor pada Sabtu (03/06) akhir pekan lalu.

Setelah menjalani parade di Selat Bosphorus yang di tengah Kota Istanbul, sebuah selat yang memisahkan Istanbul bagian Benua Eropa dengan bagian Benua Asia, Besiktas langsung bertolak ke markas mereka, Vodafone Arena, untuk menjalani laga terakhir mereka.

Stadion mereka tersebut kebetulan memang terletak di tepi Selat Bosphorus di Istanbul bagian Eropa. Mereka juga sudah ditunggu oleh ribuan penggemar fanatik mereka di sekitar stadion.

Keputusan mereka mengadakan parade di Selat Bosphorus tidak salah. Mereka menang 4-0 pada laga terakhir mereka; membuktikan parade mereka di laut yang mungkin terkesan berlebihan bagi sebagian orang mampu memotivasi mereka untuk mengakhiri musim dengan meyakinkan. Usai pertandingan tersebut, parade berlanjut namun kali ini mereka hanya menggunakan bus atap terbuka di sekitar jalanan Istanbul.

Sebelumnya, Besiktas memastikan diri menjadi juara Liga Turki pada pekan ke-33 usai mengalahkan Gaziantepspor dengan skor 4-0. Saat itu, mereka sudah mengumpulkan 74 poin, terpaut empat poin dari pesaing terdekat mereka, Ä°stanbul BaÅŸakÅŸehir. Hasil itu sekaligus memastikan kesebelasan "Elang Hitam" mengunci gelar ke-15 mereka di Liga Turki dengan menyisakan satu pertandingan.

Kemenangan ini juga membuat Besiktas akan langsung bermain di fase babak grup Liga Champions musim depan. Selain itu, dengan 15 gelar Liga Turki yang mereka dapatkan, Besiktas berhasil mendapatkan “bintang ketiga” pada logo kesebelasan mereka.

Di Turki, kesebelasan yang mampu memenangkan lima gelar liga akan diberikan bintang di atas logo mereka dan setiap lima kemenangan berikutnya akan ditambahkan lagi. Ini berarti Besiktas telah memiliki tiga bintang dalam jersey mereka.

foto: 90Min.com

Komentar