Déjà vu di Pengundian Grup Liga Champions

Berita

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Your personal football analyst. Contributor at Pandit Football Indonesia, head of content at Box2Box Football, podcaster at Footballieur, writer at Tirto.ID, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach... Who cares anyway! @dexglenniza

Déjà vu di Pengundian Grup Liga Champions

Pengundian grup Liga Champions UEFA 2014-2015 diadakan kemarin malam di Monaco. Sejumlah 32 klub telah dibagi ke dalam 4 pot untuk kemudian diundi.

Hasil undian semalam menunjukkan beberapa hal, di antaranya terjadinya beberapa déjà vu dari hasil undian grup Liga Champions musim lalu (2013-2014). Ada 9 tim yang akan saling bertemu kembali berturut-turut di grup D, E, F, dan G.

Dari grup D, Arsenal (Inggris) dan Borussia Dortmund (Jerman) kembali bertemu.Musim lalu, Dortmund berhasil mengungguli Arsenal 2-1 di London sedangkan sebaliknya, Arsenal berhasil mengungguli Dortmund di Signal Iduna Park. Mereka berdua bergabung di grup D bersama Galatasaray (Turki) dan Anderlecht (Belgia).

Satu pengundian yang paling déjà vu adalah pada grup E. Tak tanggung-tanggung, ada 3 tim yang kembali bertemu, yaitu Bayern Munich (Jerman), Manchester City (Inggris), dan CSKA Moscow (Russia). Musim lalu, mereka bertiga bertemu di grup D dengan Bayern sebagai juara grup, City sebagai runner-up, dan CSKA Moscow sebagai juru kunci.

Selain itu, grup E ini juga dianggap sebagai grup yang paling panas, alias grup neraka. Selain Bayern, City, dan CSKA, salah satu dari dua wakil Italia juga bergabung di grup ini, yaitu AS Roma. Patut dinantikan keberlangsungan grup ini nantinya, yang pasti akan menyibukkan keempat klub di atas.

Grup F musim ini juga kembali mempertemukan FC Barcelona (Spanyol) dan Ajax Amsterdam (Belanda). Kedua tim sama-sama saling mengalahkan di kandangnya masing-masing pada musim lalu, namun hasil akhir menempatkan Barcelona sebagai juara grup sementara Ajax harus terlempar ke Liga Europa UEFA dengan menempati peringkat ke tiga.

Barcelona dan Ajax musim ini harus berbagi grup dengan Paris Saint-Germain (Prancis) dan APOEL Nicosia (Siprus).

Déjà vu terakhir hadir di grup G dimana Chelsea (Inggris) kembali bergabung bersama FC Schalke 04 (Jerman). Musim ini mereka berdua bergabung bersama Sporting Clube de Portugal (Portugal) dan NK Maribor (Slovenia).

Hasil lainnya dari pengundian semalam tidak menunjukkan kejutan yang begitu besar.

Dari grup A, dua tim kuat, Club Atlético de Madrid (Spanyol) dan Juventus (Italia), bergabung di grup dengan dua lawan yang relatif lebih mudah, yaitu Olympiacos FC (Yunani) dan Malmö FF (Swedia).

Juara bertahan Liga Champions musim lalu sekaligus juara Liga Champions 10 kali, Real Madrid (Spanyol) harus bertemu dengan sang juara 5 kali, Liverpool FC (Inggris), yang telah kembali berlaga di Liga Champions setelah mereka absen tiga musim lamanya. Kedua langganan juara Liga Champions ini bertemu di grup B bersama dengan FC Basel (Swiss) dan PFC Ludogorets Razgrad (Bulgaria), sebuah tim yang dengan dramatisnya bisa lolos setelah harus menjalani adu penalti tanpa penjaga gawang murni.

Grup C mempertemukan SL Benfica (Portugal), FC Zenit Saint Petersburg (Russia), Bayer 04 Leverkusen (Jerman), dan sang tuan rumah pengundian grup semalam, AS Monaco FC (Prancis).

Kemudian dari grup terakhir atau grup H, bergabung FC Porto (Portugal), FC Shakhtar Donetsk (Ukraina), Athletic Bilbao (Spanyol), dan FC BATE Borisov (Belarusia).

ucl-01

Masing-masing dua tim teratas dari setiap grup akan lolos ke babak 16 besar yang akan diundi pada Bulan Desember. Sementara final Liga Champions UEFA musim 2014-2015 akan diadakan di kandang Hertha Berlin, Olympiastadion di Berlin, pada tanggal 6 Juni 2015.

Selain mengundi grup Liga Champions di atas, acara semalam juga menjadi penobatan pemain terbaik Eropa yang jatuh kepada pemain Real Madrid, Cristiano Ronaldo. Pemain asal Portugal ini terpilih setelah ia membantu timnya meraih gelar prestisius, La Decima, musim lalu. Ia bersama El Real mengalahkan Atletico Madrid pada pertandingan final Liga Champions 2013-2014 di Lisbon.

Selain Ronaldo, pemain yang dinobatkan gelar ini antara lain adalah Thomas Müller (Jerman, Bayern Munich), Philipp Lahm (Jerman, Bayern Munich), Lionel Messi (Argentina, FC Barcelona), James Rodríguez (Kolombia, AS Monaco FC/Real Madrid), Luis Suárez (Uruguay, Liverpool FC/FC Barcelona), Ángel di María (Argentina, Real Madrid/Manchester United FC), dan Diego Costa (Spanyol, Club Atlético de Madrid/Chelsea).

Ronaldo_UEFA

Komentar