Kapan Sebenarnya Jendela Transfer Musim Dingin Berakhir?

Berita

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Your personal football analyst. Contributor at Pandit Football Indonesia, head of content at Box2Box Football, podcaster at Footballieur, writer at Tirto.ID, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach... Who cares anyway! @dexglenniza

Kapan Sebenarnya Jendela Transfer Musim Dingin Berakhir?

Rasanya baru kemarin kita merayakan Tahun Baru. Tak terasa sekarang sudah menjelang akhir bulan Januari saja. Bulan Januari adalah saat sibuk bagi sepakbola Eropa. Memang ada beberapa liga yang libur (jeda tengah musim), tapi yang dimaksud "sibuk" di sini bukan lah melulu sibuk bertanding, melainkan sibuk transfer.

Jendela transfer ini adalah waktu ketika sepakbola terasa sibuk dengan hiruk-pikuk seperti tawar-menawar pemain yang ingin didatangkan, atau juga mencoba menjual beberapa pemain yang tak terpakai.

Ya, akhir bulan ini berarti juga adalah tenggat waktu jendela transfer musim dingin akan segera berakhir.

Tapi tunggu dulu. Jendela transfer dimana yang akan segera berakhir? Di seluruh Eropa kah? Di Inggris kah? Ternyata liga-liga di Eropa punya tenggat waktu transfer musim dingin yang berbeda-beda. Berikut kami akan membahas beberapa di antaranya (waktu ditunjukkan dalam GMT).

Pertama dan yang paling utama, tentunya ada Liga Inggris (bukan hanya Liga Primer).  Liga Inggris memiliki waktu sampai pukul 22:59 pada tanggal 2 Februari bagi setiap kesebelasan untuk menyelesaikan segala dokumen perpindahan pemain.

Sementara jendela transfer ditutuppada 2 Februari, jendela peminjaman pemain masih dibuka. Detail untuk jendela peminjaman pemain di Liga Inggris dapat Anda baca pada artikel ini.

Tanggal 2 Februari ini memang terasa cepat, tapi ternyata ada yang lebih cepat dari Liga Inggris.

Liga di Spanyol, Prancis, Belanda, Belgia, Denmark, Skotlandia, Turki, dan Yunani misalnya, mereka memiliki tenggat waktu sampai pukul 22:59 pada 31 Januari untuk menutup jendela perpindahan pemain.

Menyeberang ke kesebelasan dari Liga Portugal, tetangga Spanyol ini menutup jendela transfer lebih awal, yaitu pada 31 januari di pukul 22:00.

Sementara di Italia, jendela transfer dibuka sampai pukul 18:00 juga pada 31 Januari. Waktu yang sempit.

Di Italia saja sudah terasa terlalu cepat, ternyata masih ada yang lebih cepat lagi. Meskipun Liga Jerman melaksanakan libur tengah musim, tapi liga mereka menjadi yang paling cepat dalam urusan menutup jendela transfer. Batas waktu jendela transfer di Jerman adalah pada pukul 17:00 pada 31 Januari.

Tidak semua tenggat waktu jatuh di akhir bulan atau awal bulan, seperti di Swiss misalnya. Tenggat waktu transfer jatuh pada 15 Februari pukul 22:59.

Untuk urusan jendela transfer yang dibuka paling lama, ternyata ada yang lebih lama daripada Swiss, dan ada banyak sekali. Contohnya adalah tim-tim di Eropa Timur, termasuk Rusia, yang memiliki waktu yang sedikit lebih lama untuk melakukan bisnis yang tersisa, yaitu pada pukul 22:59 pada tanggal 27 Februari.

Sementara negara-negara di Skandinavia memiliki tenggat waktu yang paling lama, Swedia pukul 22:59 pada tanggal 2 April, Norwegia memiliki batas waktu sampai pukul 22:59 pada tanggal 5 April, dan Finlandia pukul 22:59 pada tanggal 6 Mei.

Jadi, sekarang Anda semua sudah tahu kapan batas deadline day transfer musim dingin sebenarnya dari berbagai tim di Eropa.

Untuk itulah kenapa istilah "transfer musim dingin" sebenarnya lebih layak untuk digunakan daripada "transfer Januari" (meskipun penyebutannya lebih singkat), karena tidak semua transfer musim dingin berawal dan berakhir di bulan Januari.

Meskipun kalau mengacu "musim dingin" tak musti selamanya "dingin", karena banyak drama "panas" yang terjadi di setiap jendela transfer, terutama pada deadline day. Ditambah, di Skandinavia (yang memiliki tenggat waktu sampai bulan April dan Mei) jendela transfer ditutup mendekati "musim panas". Jadi, kesimpulannya: Selamat menunggu deadline day.


Baca juga: Bursa Transfer Ditutup, Bursa Peminjaman Dibuka

Komentar