On This Day 1902, Newton Heath Berganti Nama Menjadi Manchester United

Backpass

by redaksi

On This Day 1902, Newton Heath Berganti Nama Menjadi Manchester United

Hari ini memang bukan hari lahir salah satu klub tersukses Liga Inggris, Manchester United. Namun hari ini, 24 April juga pantas dikenang sebagai hari bersejarah. Karena pada tanggal ini di masa lalu, merupakan hari bergantinya nama Newton Heath LYR Football Club menjadi Manchester United Football Club.

Manchester United yang kita kenal sekarang dahulu bernama Newton Heath. Sebuah klub yang didirikan oleh para pekerja jawatan kereta api Lanchasire and Yorkshire Railway, yang bertempat di Newton Heath pada tahun 1978. Awalnya tim ini hanya sebuah tim amatir, lebih sering bermain dalam turnamen-turnamen antar divisi di perusahaan tersebut.

Namun, pada tahun 1888, Heath berkembang pesat. Klub ini juga membantu menginisiasi terbentuknya The Combination, sebuah liga regional. Namun, karena liga yang diinisiasi itu bubar dalam waktu kurang dari semusim, Heath lantas bergabung dengan Football Alliance. Hal yang kemudian menjadikan Newton Heath pada tahun 1892-1893 berlaga di divisi pertama.

Waktu terus berjalan, perusahaan yang menaungi klub ini pun berpindah lokasi. Praktis, hal ini menjadikan Newton Heath menjadi independent. Tak lagi disapih oleh uang subsidi perusahaan.

Hal inilah yang menjadikan Heath kolaps. Pada bulan pertama di tahun 1902, klub ini telah mempunyai tagihan hutang sebesar 2.670 paun, jumlah yang cukup banyak kala itu.

Tak mau klubnya ditelan sejarah, kapten tim Harry Stafford pun memutar otak. Ia pergi ke segala penjuru untuk mencari donatur yang sudi menyuntikkan dana segar untuk kelangsungan hidup klubnya.

Usaha Stafford pun tak sia-sia. Ia berhasil meyakinkan empat borjuis, termasuk John Henry Davies, untuk membantu menstabilkan neraca keuangan tim. Mereka semua berinvestasi sebesar 500 poundsterling. Sebagai imbalan, ke-4 borjuis ini pun diangakt menjadi jajaran direksi klub.

Dan sebagai langkah awal para pemimpin baru inilah, pada tanggal 24 April 1902, Newton Heath berubah nama menjadi Manchester United. Yang akhirnya menjelma menjadi salah satu klub tersukses di tanah Britannia Raya.


Baca juga: Malam Terkuburnya Catatan Sejarah Manchester United


(mul)

Komentar