Peluang Tambahan Medali Indonesia Terbuka dari Panjat Tebing

Advetorial

by redaksi

Peluang Tambahan Medali Indonesia Terbuka dari Panjat Tebing

Kontingen Indonesia berpeluang menambah perolehan medali di Olimpiade 2024 Paris. Hal itu setelah dua atlet panjat tebing Tim Indonesia, Desak Made Rita Kusuma Dewi dan Rajiah Sallsabillah, lolos ke perempat final nomor speed pada Senin (5/8).

Desak Made dan Rajiah memulai perjuangan melalui babak penyisihan (seeding heats). Dalam pertandingan yang digelar di arena Le Bourget, Seine-Saint-Denis, Paris tersebut, Desak Made mengamankan peringkat keenam dengan catatan waktu 6,45 detik.

Sedangkan, Rajiah Sallsabillah berada di urutan ketujuh dengan catatan waktu 6,58 detik di babak penyisihan. Ini merupakan personal best sosok yang menempati peringkat ke-11 dunia tersebut.

Catatan Waktu itu juga membuat Rajiah lolos ke perempat final meski sempat terjatuh saat melawan Leslie Adriana Romero Perez di babak heat eliminasi. Ia berhak lolos karena memiliki catatan waktu terbaik di seeding heats dibanding pesaing yang lain.

"Untuk yang terakhir di eliminasi ada sedikit kesalahan. Untuk yang kedua iya personal best. Kalau dibilang enak, untuk dari standar apapun itu lebih enak dibanding tempat latihan,” kata Rajiah seperti dikutip laman resmi Kemenpora.

"Yang pasti deg-degan, tapi kalau deg-degan wajar ya, tetep dilawan rasa deg-degannya itu, terus mencoba untuk lebih tenang dan mencoba untuk lebih fokus lagi. Apapun hasilnya nanti, yang pasti mau menampilkan yang terbaik, dan semoga hasilnya bisa melewati babak selanjutnya,” dirinya menambahkan.

Adapun Desak Made mempertajam catatan waktunya (6,38 detik) saat menghadapi Piper Kelly dari Amerika Serikat.

“Hasilnya masih belum oke. Catatan waktu sih saya tidak terlalu mikirin, desak maunya ya podium. Lumayan, sedikit grogi, belum lega, sebelum podium belum lega,” kata Desak Made.

"Coach Hendra bilang, nanti kamu ketemu Cheng Deng harus lebih rileks lagi. Semuanya juga pasti deg-degan, pokoknya fokus sama diri sendiri, tampilin catatan waktu terbaik, tampilin performa terbaik pas latihan itu,” tuturnya.

Selanjutnya, Desak Made dan Rajiah akan bertanding memperebutkan medali pada Rabu, 7 Agustus 2024.

Foto: NOC Indonesia/Naif Muhammad Al`as

Komentar