Barcelona Dilarang Melakukan Aktivitas Transfer

Berita

by redaksi

Barcelona Dilarang Melakukan Aktivitas Transfer

Barcelona dijatuhi sanksi larangan melakukan transfer pemain selama 14 bulan. Itu berarti, Blaugrana baru bisa menjual atau membeli pemain pada musim panas 2015. Hukuman tersebut diberikan karena Barca didakwa melakukan transfer ilegal terhadap pemain dibawah usia 18 tahun.

Selain hukuman larangan melakukan transfer, Barcelona juga didenda sebesar 305.000 euro atau sekitar 5,4 millyar rupiah.

Menurut pernyataan resmi FIFA di situsnya: “Barcelona melanggar regulasi article 19 dalam kasus yang melibatkan 10 pemain minor dan beberapa pelanggaran lain terkait kasus yang sama”.

Isi dari article 19 tersebut adalah, transfer internasional hanya diperbolehkan jika pemain tersebut minimal berusia 18 tahun. Sedangkan FIFA menemukan paling tidak ada 10 kontrak pemain yang dilakukan Barcelona pada periode 2009 sampai 2013.

FIFA juga menjatuhkan hukuman denda kepada Asosiasi Sepakbola Spanyol (RFFF) sebesar 340.000 euro. Karena bertanggung jawab terhadap pendaftaran pemain tersebut.

Rekrutan Barcelona yang melanggar tersebut adalah Alen Halilovic, bintang muda Kroasia berusia 17 tahun. Nama - nama lain yang tertera trio Korea Selatan, salah satunya Lee Seung Woo bocah 15 tahun yang diminati banyak klub. Dan beberapa pemain - pemain muda Afrika.

FIFA hanya mengizinkan transfer pemain muda internasional ketika salah satu dari tiga situasi berikut berlaku:

1. Orang tua pemain telah pindah negara untuk alasan mereka sendiri

2. Langkah ini berlangsung dalam Uni Eropa jika seorang pemain berusia antara 16 dan 18 tahun

3. Rumah pemain kurang dari 50 kilometer dari perbatasan nasional antar kedua negara.

Barcelona bukan klub besar pertama yang mendapat hukuman tersebut. Sebelumnya Chelsea juga pernah dihukum dengan kasus serupa. Namun berhasil lolos dari hukuman karena banding di pengadilan Arbitrase.

(amp)

Komentar