Penyerang Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 3

Fantasy Premier League

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Your personal football analyst. Contributor at Pandit Football Indonesia, head of content at Box2Box Football, podcaster at Footballieur, writer at Tirto.ID, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach... Who cares anyway! @dexglenniza

Penyerang Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 3

Dari empat penyerang (tiga unggulan dan satu spekulatif) yang kami rekomendasikan di gameweek 3 ini, bisa dibilang keempatnya adalah yang terbaik secara statistik dari dua gameweek Liga Primer Inggris sejauh ini. Kemudian jika pekan lalu kami tak merekomendasikan penyerang dengan harga di atas £10.0 (termahal adalah Jamie Vardy dengan £9.0, yang statistiknya bagus, malah dikartu merah), pekan ini kami menyertakan satu penyerang super-premium.

Ada banyak alasan kenapa harga Sergio Aguero (Man City, £11.2) sudah naik dua kali. Harganya yang tinggi tercermin pada performanya, terutama pada gameweek 2 lalu di mana ia mencetak trigol. Dari semua penyerang di FPL, Aguero memuncaki jumlah gol (3), total tembakan (12), dan tembakan tepat sasaran (5 - sama dengan Callum Wilson dan Gabriel Jesus). Kemampuan mengendus peluangnya juga tercermin pada rata-rata satu peluang setiap 12.9 menit, 8 tembakan di dalam kotak penalti (terbaik bersama Wilson dan Danny Ings), dan 18 sentuhan di kotak penalti lawan (terbaik bersama Wilson).

Pada GW3 ini Manchester City akan menghadapi tuan rumah Wolverhampton Wanderers, yang sudah kebobolan empat kali, padahal dua kali mereka harus menghadapi 10 pemain (akan menjadi ajaib jika ada pemain City yang terkena kartu merah lagi—dan semoga bukan Aguero atau Benjamin Mendy). Namun satu hal yang meragukan adalah (apa lagi kalau bukan) rotasi. Setidaknya dari pertandingan-pertandingan tandang The Citizens musim lalu, Aguero hanya menjadi starter pada 8 pertandingan, dengan Jesus 12 kali menjadi starter. Waspada lah! Jangan banyak berharap.

Jika Aguero memiliki sedikit keraguan, tidak demikian dengan nama penyerang kedua yang kami rekomendasikan. Dari beberapa statistik di atas saja sudah kelihatan jika Callum Wilson (Bournemouth, £6.1) berada di dua penyerang teratas bersama Aguero. Sejauh ini Wilson sudah mencatatkan dua gol (bisa saja tiga andaikan penaltinya masuk di GW1), 20 sentuhan di dalam kotak penalti (terbaik), 4 big chances (terbaik), serta 8 total tembakannya semuanya dicatatkan dari dalam kotak penalti, termasuk 5 yang on target. Wilson adalah monster di kotak penalti.

Bournemouth akan menjamu Everton di GW3. Sama seperti alasan kami pekan lalu, Marco Silva (Everton) adalah salah satu pelatih yang tidak terlalu memerhatikan pertahanan kesebelasannya. Meski sejauh ini Everton baru kebobolan 3 gol, tapi mereka sudah ditembak 26 kali (rata-rata 13 kali per pertandingan).

Penyerang terakhir yang kami unggulkan adalah Aleksandar Mitrovic (Fulham, £6.5) yang sudah mencatatkan 11 tembakan (terbaik kedua di antara para penyerang) dengan 4 di antaranya on target (terbaik keempat bersama Troy Deeney) yang kesemua tembakan tepat sasarannya itu ia bikin dari sundulan (terbaik bersama Kenneth Zohore). Ia berhasil mencetak satu gol sejauh ini. Jika sebelumnya Mitrovic lebih dikenal sebagai pengendus peluang di dalam kotak penalti, sejauh 2 GW ini ia menunjukkan jika ia juga bisa berbahaya dari luar kotak penalti (5 tembakan dari luar kotak penalti).

Burnley akan menjadi lawan Fulham di GW3 di Craven Cottage. James Tarkowski dkk sudah kecolongan peluang dari luar kotak penalti sebanyak 13 kali (terbanyak kelima). Sementara jika dilihat dari sundulan, salah satu keunggulan Mitrovic, Burnley sudah ditembak melalui sundulan sebanyak 5 kali (terbanyak ketiga, yang terbanyak adalah Newcastle United dengan 11 kali). Selain catatan-catatan statistik di atas, mentalitas Burnley juga sedang tidak baik, karena baru saja kalah 1-3 dari tuan rumah Olympiacos di babak play-off leg pertama Liga Europa UEFA.

***

Berikut rekapitulasi artikel tim unggulan dari PanditFootball untuk GW2:

Salam panah hijau dan semoga mendapatkan poin di atas rata-rata.

Harga pemain, angka kepemilikan, dan status pemain akurat per 24 Agustus 2018.

Komentar