Sponsor, Regulasi, dan Efeknya di Liga 1

Berita

by redaksi 100049

Sponsor, Regulasi, dan Efeknya di Liga 1

Gosip-gosip sudah berlalu dan kita harus ingat sekarang adalah tanggal 30 Maret 2017, bukan 1 April 2017, artinya bukan sedang April Mop dan tidak ada yang sedang berusaha ngibulin kamu-kamu semua. Liga 1 membolehkan lima marquee player dan Liga 1 juga membolehkan pergantian pemain sampai lima kali. Sekali lagi, ini sungguhan, bukan April Mop.

PSSI akhirnya resmi, sudah bukan gosip lagi, menetapkan Gojek dan Traveloka sebagai sponsor resmi Liga 1 Indonesia, sehingga nama resmi kompetisi ini akan menjadi: Gojek Traveloka Liga 1.

“Nama liga itu, Gojek Traveloka Liga 1. Apalah arti sebuah nama, tapi nama itu sudah resmi, ya,” ujar Edy Rahmayadi, ketua umum PSSI pada Rabu (29/03).

Pertandingan pembuka dan jadwal Liga 1

Kompetisi tertinggi di Indonesia ini akan dimulai pada 15 April 2017 dengan pertandingan perdana mempertemukan antara Persib Bandung dan Arema FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, pada pukul 18:30 WIB di tanggal 15 April tersebut. Pertandingan itu juga akan disiarkan secara resmi di TVOne yang menjadi pemilik hak siar Liga 1.

"Persib juara bertahan dan Arema FC adalah juara Piala Presiden musim ini. Kami sudah diskusikan dengan pihak TVOne," kata Risha Adi Wijaya di Makostrad, Jakarta, Rabu (29/03) seperti yang dikutip dari CNN Indonesia.

Dari 18 kesebelasan peserta, Liga 1 ini akan memainkan 355 pertandingan dan direncanakan berakhir pada 12 November 2017. Liga 1 juga memiliki agenda transfer pemain pada 1 April sampai 30 April 2017 untuk periode pertama, dan 16 Juni sampai Agustus 2017 untuk periode kedua.

Selain pertandingan pembuka, PT Liga Indonesia Baru (LIB) belum selesai menyusun jadwal lengkap. Jadwal saat ini masih berupa draf yang sedang ditinjau oleh kesebelasan, dengan mempertimbangkan Bulan Ramadan juga nantinya yang memiliki jadwal sepak mula pertandingan pada pukul 20:00 WIB dan 21:00 WIB.

Siaran langsung Liga 1 (dan Liga 2)

Menurut CEO TVOne, Ardiansyah Bakrie, TVOne akan menayangkan langsung total 355 pertandingan, baik di Liga 1 maupun juga Liga 2 (katanya, lho, ya).

Setiap pekannya akan ada 13 siaran langsung dengan rincian tujuh pertandingan Liga 1 dan enam pertandingan Liga 2. Tujuh pertandingan di Liga 1-nya dibagi dalam satu siaran langsung di Hari Senin, dua siaran langsung di Hari Jumat, dua di Hari Sabtu, dan dua di Hari Minggu.

Tidak ada uang hadiah untuk juara

Kami juga mendapatkan kabar jika tidak ada hadiah uang tunai yang diberikan kepada kesebelasan yang berhasil menjadi juara Liga 1.

Akan tetapi, Edy menjelaskan, seperti yang dikutip dari Goal, jika sebuah kesebelasan dapat meraih "hadiah" (beda, lho, ini, ada tanda kutipnya) uang hingga 17 miliar rupiah jika menjadi juara di akhir musim, dengan rincian perolehannya adalah kontribusi komersial 7,5 miliar rupiah, ditambah pengaruh peringkat kesebelasan, rating televisi, dan lain sebagainya.

Pengaruh rating televisi ini akan menjadi menarik karena bisa saja pertandingan Liga Indonesia akan menyesuaikan prime time, sehingga berpotensi dilangsungkan sekitar pukul 18:00 WIB (awas bentrok maghrib!) atau justru menyesuaikan jadwal liga-liga Eropa karena takut kalah bersaing dengan tontonan seperti Liga Primer Inggris, La Liga Spanyol, Bundesliga Jerman, atau Ligue 1 Prancis.

Kembali ke uang hadiah, PT LIB juga mengiming-imingi "hadiah" lainnya untuk ke depannya. "Nanti akan ada juga best player, best team, dan juga best supporter, akan mendapat hadiah. Namun untuk berapa nominalnya, belum kami putuskan," kata Risha selaku CEO PT LIB.

Lihat, di situ ada "best supporter". Artinya, bagi yang sekarang mengkritik atau berisik, sebaiknya mulai support (dukung) Liga Indonesia jika kita ingin mendapatkan "hadiah".

Format liga

Kemudian Risha juga menyebut jika di akhir musim akan ada sistem degradasi, tanpa sistem play-off. Tiga kesebelasan terbawah di Liga 1 akan terdegradasi ke Liga 2, dan sebaliknya, tiga teratas di Liga 2 akan promosi ke Liga 1.

"Tidak ada sistem play-off nantinya dan pada musim berikutnya Liga 2 akan dipangkas menjadi 24 tim," kata Risha.

Saat ini, Liga 2 memiliki 61 kesebelasan yang rencananya akan dibagi menjadi Liga 2A dan Liga 2B, atau mungkin lebih. 24 kesebelasan teratas (tiga teratas di Liga 2 diganti dengan tiga terbawah di Liga1 tentunya) di musim depannya akan berada di Liga 2, sementara sisanya akan ada di Liga 3 atau Liga Nusantara.

"Untuk detilnya, besok (Kamis) akan kami paparkan detilnya," ungkap Risha.

Modal awal dan nilai sponsor

Masing-masing kesebelasan Liga 1 akan mendapatkan dana awal (atau modal, atau subsidi, atau apapun istilahnya) sebesar 7,5 miliar rupiah. "Setiap klub akan diberikan subsidi dana sebesar 7,5 miliar rupiah untuk satu musim. Pertandingan akan dilakukan home-away dari 18 klub peserta. Mulai dari Padang sampai Serui. Ini perjalanan yang cukup panjang," ujar Edy, seperti yang dikutip dari CNN Indonesia.

"Gojek saat ini paling atas (nominal untuk jadi sponsor). Jangan mengecilkan Gojek. Jangan tanya nilainya. Kebutuhan di Liga 1 itu masing-masing 7,5 miliar rupiah dikali 18 klub," kata Edy.

Jadi, total kebutuhan 18 kesebelasan di Liga 1 adalah hasil perkaliannya, yaitu sekitar 135 miliar rupiah. Bisa jadi Gojek dan Traveloka mengeluarkan dana sekitar 135 miliar rupiah untuk penyelenggaraan Liga 1 ini.

Kesebelasan sudah lolos verifikasi

Edy juga menegaskan jika 18 kesebelasan perserta Liga 1 adalah kesebelasan yang sudah lolos verifikasi. "Sudah dari awal kami urus. Klub-klub ini, kan, bukan baru lahir. Mereka sudah profesional dan klub sudah siap bertanding dan jelas, dong, dia legal," katanya.

Meskipun demikian, tidak jelas proses verifikasi yang dilakukan itu seperti apa dan bagaimana menilainya. Atau, apakah sebenarnya yang harus diverifikasi itu si pemberi regulasinya alih-alih kesebelasan pesertanya?

Penekanan regulasi pemain U23, U35, dan marquee player

Edy juga kembali menegaskan soal regulasi pemain. Selain marquee player yang boleh sampai lima dan salary cap, serta lima pergantian pemain dan tidak adanya water break, ia mengingatkan jika satu kesebelasan hanya diperbolehkan menggunakan dua pemain yang sudah berumur lebih dari 35 tahun.

Selain itu, Edy juga menjelaskan regulasi pemain usia 23 tahun (U23) yang wajib dimiliki sebuah kesebelasan adalah minimal lima, dengan tiga di antaranya wajib dimainkan sebagai starter dan bermain selama setidaknya 45 menit.

Akan tetapi, Edy juga meminta kesebelasan memiliki lebih dari lima pemain U23 tersebut, supaya kesebelasan tidak melanggar regulasi pemain bila ada yang dipanggil oleh tim nasional Indonesia yang memiliki kebijakan untuk memanggil pemain U23 saja.

"Kalau pemain U23 dipanggil ke timnas itu harus ditambah, kalau tidak [ditambah, maka akan] kurang. Contoh, ada Bhayangkara FC yang empat pemainnya diambil, ya, berarti mereka harus mencari pengganti," tutup ketua umum PSSI tersebut.

***

Kami kembali mengingatkan, ini bukan April Mop, sehingga apa yang kamu baca adalah sungguhan.

Liga 1 disponsori oleh Gojek dan Traveloka, TVOne (yang sudah terkenal dengan tagline: "TVOne, memang beda"; makanya mungkin ini yang bikin "beda") dan Viva Grup menjadi pemegang hak siarnya, tidak ada hadiah untuk juara Liga 1 (tapi ada uang tambahan dari 7,5 sampai 17 miliar rupiah, tergantung penampilan kesebelasan), ada salary cap tapi marquee player boleh sampai lima, pergantian pemain juga boleh sampai lima, dll, dsb.

Jujur saja, beberapa kabar di atas membuat kami lebih rela jika hari ini adalah 1 April 2017.

(dex)

Komentar