Arti Sebuah Nama bagi Pemain Sepakbola

Berita

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Your personal football analyst. Contributor of Pandit Football Indonesia, manager of Box2Box Media Network, podcaster of Footballieur, creative writer of Tirto.ID, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach... Who cares anyway! @dexglenniza

Arti Sebuah Nama bagi Pemain Sepakbola

Katanya nama Cristiano Ronaldo itu diinspirasi oleh Ronald Reagan. Ayah Ronaldo mengatakan bahwa ia terinspirasi dari nama mantan presiden Amerika Serikat tersebut dan sangat menyukai kemampuan aktingnya. Ya benar, kemampuan aktingnya.

Sekarang ini, Ronaldo bisa dibilang adalah satu-satunya pemain yang selalu memperebutkan gelar pemain terbaik dunia bersama Lionel Messi. Kita mungkin bisa memahami jika Messi lebih terkenal karena ia adalah finalis Piala Dunia 2014 dan juga peraih gelar pemain terbaik di turnamen tersebut.

Sementara Dennis Bergkamp, salah satu penyerang terbaik di generasinya, diberi nama dari inspirasi Denis Law, yang juga seorang striker subur. Mungkin ada banyak nama pemain lain yang diinspirasi dari nama-nama tokoh atau pemain terkenal.

Kabar terbaru menyebutkan bahwa pemerintah di Argentina telah melarang penggunaan nama `Messi` setelah terjadinya kasus mengenai kelegalan nama tersebut di Rosario, kota kelahiran Messi.

Kisah ini dimulai ketika Hector Varela dari Rio Negro bertarung dengan pemerintah untuk diberi izin memberi nama anaknya Messi Daniel Varela. Ia meminta nama `Messi` bukan `Lionel` karena ia merasa nama tersebut lebih cocok jika ia ingin menggunakannya sebagai tribut. Bisa dipahami, karena jika ia menggunakan `Lionel`, inspirasi namanya bisa saja disalahpahami dengan sumber dari Lionel Richie.

Varela kemudian berkata dengan bangganya kepada Marca, "Saya adalah ayah Messi. Banyak orang yang memilih nama Lionel sebagai nama anaknya dibanding dengan nama Messi. Saya bangga menjadi orang Argentina pertama yang memberi nama anaknya dengan nama pemain terbaik di dunia."

Sekarang, untuk mencegah orang tua yang membanjiri untuk mengikutinya, undang-undang baru telah disusun yang membuat nama `Messi` menjadi ilegal. Peraturan sipil mengantisipasi banjir aplikasi yang serupa dan memilih mengambil serangan pendahuluan terhadap apa yang bisa berpotensi sebagai "fenomena sosial".

Baca juga: Anehnya Nama-nama Pemain Brasil

Mari kita semua luangkan waktu sejenak untuk bersyukur bahwa Danny Shittu tidak pernah menjadi pemain terbaik dunia. Namun, dibanding Shittu (yang terdengar agak kasar dalam Bahasa Inggris), ada beberapa nama lagi yang terdengar aneh bagi pesepakbola. Jika Anda kebingungan dengan nama-nama di bawah ini, silakan cari sendiri arti dari nama tersebut di internet.

  1. Sebagai seorang pemain yang pernah dipanggil sekali ke tim nasional Inggris, Segar Bastard kemudian menjadi wasit.
  2. Pemain sayap Wayne Wanklyn bermain di tim yang sama di Reading bersama sang penjaga gawang, Steve Death.
  3. Nama David Seaman juga sering disalah artikan menjadi "semen". Namun, penjaga gawang pemenang medali emas olimpiade 1980 asal Ceko ternyata memiliki nama Stanislav Seman.
  4. Sempat menjadi pemain Independiente dan Celta Vigo, striker Argentina, Mario Turdo sekarang tidak memiliki klub.
  5. Rezim Roberto Martinez di Wigan diawali dengan perekrutannya bek Chili, Waldo Ponce.
  6. Menjadi bagian dari tim Belanda yang dibantai Inggris 4-1 di Wembley pada Euro 1996, Johan de Kock berhasil memainkan 13 pertandingan di Belanda.
  7. Sempat dihubungkan dengan Liverpool, bek Brasil bernama Argelio Fucks ini mungkin akan membuat berita menjadi menarik jika ia masuk judul headline. Tetapi ia lebih dikenal dengan nama Argel.
  8. Chelsea sempat mengecewakan banyak orang pada tahun 2009 setelah mereka gagal mendatangkan penjaga gawang Independiente, Fabian Assman. Sebuah nama yang menyaingi Seaman.
  9. Pemain Skotlandia ini telah bermain dalam lebih dari 400 pertandingan bagi Arsenal, Leicester City, Blackburn Rovers, dan Manchester City. Ia adalah Paul Dickov.
  10. Nama David Goodwillie mungkin sempat tenar sekitar tiga musim yang lalu sebelum akhirnya ia tenggelam di Blackburn.
  11. Seorang yang jenaka, Dean Windass adalah pemain ikonik untuk Hull City dan Bradford City. Ia berhasil mencetak lebih dari 200 gol untuk kedua klub tersebut.
  12. Mantan bos Fulham, Martin Jol, memiliki dua saudara laki-laki bernama Dick dan Cock. "Apa yang lucu dari ini?", sekali ia pernah marah saat konferensi pers di Tottenham Hotspur. "Cock adalah nama yang biasa di Belanda, " belanya.
  13. Mantan striker Jerman, Stefan Kuntz, menunjukkan kebrilianannya saat ia menjabat sebagai manajer Kaiserslautern. Ia membeli Danny Fuchs dan Florian Dicks.
  14. Shane Long dan Simon Cox sempat diduetkan menjadi starter oleh Giovanni Trapattoni saat Republik Irlandia berjumpa Yunani pada pertandingan persahabatan di tahun 2012. Duet Long-Cox ini sepertinya menjadi pujaan hati setiap penonton wanita yang menontonnya.

Komentar