Renato Sanches Raih Golden Boy Award, Ungguli Coman dan Rashford

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Renato Sanches Raih Golden Boy Award, Ungguli Coman dan Rashford

Renato Sanches menjadi pemuda ke-14 yang berhasil meraih Golden Boy Award. Sanches resmi menjadi pemenang penghargaan yang khusus diberikan kepada para pemuda yang berusia di bawah 21 tahun karena bermain apik selama satu tahun terakhir. Sanches berhasil mengikuti jejak dari Sergio Aguero dan Lionel Messi yang juga pernah meraih penghargaan serupa.

Sanches berhasil mengalahkan Marcus Rashford dari Manchester United dan rekan satu timnya di Bayern München, Kingsley Coman sebelum akhirnya menggondol penghargaan ini. Kesuksesan Sanches meraih penghargaan yang pemilihannya melibatkan 30 jurnalis dari media-media kenamaan Eropa ini tak lepas dari prestasi yang sudah ia raih bersama Benfica dan timnas Portugal.

Pemain yang pernah membela timnas U-19 Portugal ini djadwalkan akan menerima pemghargaan ini secara resmi dalam acara penyerahan yang akan diadakan di Monte Carlo oleh Tuttosport, penggagas Golden Boy Award.

Sebelum ia membela Bayern München pada pertengahan 2016 lalu, Sanches sudah mencatatkan prestasi yang cukup gemilang. Bersama Benfica, ia berhasil meraih gelar Primeira Liga (Liga Portugal) dan Taca de Liga (Piala Liga Portugal). Ia juga berhasil mengantarkan Benfica masuk babak delapan besar Liga Champions Eropa 2015/2016.

Puncak dari prestasinya adalah mengantarkan Portugal menjadi juara Piala Eropa 2016. Ia menjadi sosok penting di lini tengah Portugal dalam usianya yang ketika itu masih 18 tahun (sekarang Sanches sudah 19 tahun). Itulah sederet prestasi yang berhasil mengantarkannya meraih Golden Boy Award.

Penghargaan ini pada tahun 2015 berhasil diraih oleh pemain United, Anthony Martial. Martial pun menjadi pemain ketiga United setelah Wayne Rooney (2004) dan Anderson (2008) yang sukses meraih Golden Boy Award. Paul Pogba, Isco, Alexandre Pato, dan Mario Balotelli adalah pemain-pemain yang juga pernah meraih penghargaan ini.

Namun Sanches pun harus berhati-hati. Tak semua pemain yang pernah meraih Golden Boy Award menjadi pemain yang besar nantinya. Ada nama Mario Balotelli, yang pernah mengalami karier yang buruk sebelum sekarang mulai memperbaiki kariernya sendiri bersama OGC Nice.

Ada juga nama Alexandre Pato yang sekarang sedang merajut asa bersama Villarreal, Anderson yang juga melakukan hal yang sama bersama Internacional, dan Mario Götze yang juga pulang kampung ke Dortmund setelah masa-masa yang kurang menyenangkan di Bayern.

Semoga saja Sanches tidak tenggelam dan dapat terus melanjutkan karier dan menjadi pemain sepakbola yang baik. Selamat, Renato Sanches!

Baca Juga: Tentang Golden Boy Award dan Apa Saja yang Terjadi Kepada Peraihnya

Komentar