Menelaah Lebih Dekat Rizal Memorial Stadium, Kandang Timnas Filipina

Cerita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Menelaah Lebih Dekat Rizal Memorial Stadium, Kandang Timnas Filipina

Filipina resmi ditunjuk oleh AFF sebagai tuan rumah untuk Piala AFF 2016 yang akan digelar pada bulan November 2016 ini. Persiapan pun mulai dilakukan oleh The Azkals untuk menyambut lawan-lawan mereka. Filipina tergabung dalam grup A bersama lawan-lawan berat macam Thailand dan Singapura, serta sang runner-up empat kali, Indonesia.

Namun, kekhawatiran sempat menyeruak saat tim verifikasi dari AFF menyatakan bahwa stadion mereka, Rizal Memorial Stadium, sempat tidak lolos verifikasi untuk menggelar pertandingan AFF. Untungnya, Filipina masih memiliki Phillipine Sports Stadium yang berkapasitas 25.000, apalagi mereka sudah mendapatkan izin untuk penggunaan stadion tersebut sehingga mereka bisa tetap mengadakan Piala AFF 2016 di Filipina dan tidak harus mengungsi ke, katakanlah, Indonesia.

Lalu, apa kabar dengan Rizal Memorial Stadium? Apakah stadion ini akan tetap digunakan untuk ajang Piala AFF meski sudah ditolak oleh pihak AFF? Untuk mengetahuinya, marilah kita menelaah perihal stadion ini lebih lanjut, berikut juga alasan kenapa stadion ini tidak masuk verifikasi AFF.

Tentang Rizal Memorial Stadium dan Sejarahnya

Rizal Memorial Stadium, yang menggunakan nama pahlawan nasional Filipina, Jose Rizal, merupakan bagian dari Rizal Memorial Sports Complex. Di dalamnya banyak terdapat venue-venue untuk olahraga seperti tenis, renang, bisbol, bulu tangkis, gimnastik, bowling, dan juga olahraga yang lain.

Kompleks olahraga ini dibangun pada 1934, dan pertama kali digunakan dalam ajang Far Eastern Championship Games yang juga dianggap sebagai pelopor dari Asian Games. Setelah 1934, kompleks olahraga ini menjadi tempat penyelenggaraan ajang-ajang besar lain seperti SEA Games (1981, 1991, dan 2005), Asian Games (1954), ASEAN Para Games (2005), dan Asian Women’s Club Volleyball Championship (2006).

Sedangkan untuk Rizal Memorial Stadium, yang lokasinya tepat berada di tengah-tengah Rizal Memorial Sports Complex, sejak 1930 sudah beberapa kali digunakan untuk ajang-ajang kompetisi lokal juga beberapa pertandingan internasional timnas Filipina.

Namun, dalam gelara SEA Games 1981, kondisi stadion sempat memburuk karena tempat ini menjadi pusat kegiatan atletik. Selama beberapa tahun, timnas Filipina harus bertanding di tempat-tempat lain karena kondisi lapangan tidak memungkinkan. Pada 1991, stadion ini kembali digunakan untuk ajang besar, yaitu SEA Games, kala Indonesia menjadi pemenangnya.

Pada 2009, Komisi Olahraga Filipina (PSC) sempat menggelorakan isu untuk merenovasi Rizal Memorial Sports Complex, termasuk di dalamnya rencana renovasi Rizal Memorial Stadium. PSC meminta dana sebesar 50 juta dolar Filipina kepada pemerintah sebagai dana untuk renovasi, yang pada akhirnya renovasi sendiri ditunda dan molor dari target awal karena ketiadaan pihak swasta yang membantu proses renovasi.

Renovasi besar untuk stadion ini akhirnya dilaksanakan pada 2011, sebagai bentuk persiapan Filipina dalam mengikuti babak kualifikasi Piala Dunia. Kapasitas tempat duduk ditambah menjadi kisaran 13.000 untuk memenuhi standar FIFA. Bukan hanya untuk kualifikasi Piala Dunia saja, stadion ini juga akhirnya menjadi tempat penyelenggaraan Liga Filipina (United Football League).

Selain untuk ajang olahraga, stadion ini pernah menjadi tempat diselenggarakannya konser musik. Pada 4 Juli 1966, The Beatles, band asal Inggris pernah mengadakan konser di sini, dan memecahkan rekor penonton sampai 80.000 orang.

Alasan Kenapa Stadion ini Tidak Lolos Verifikasi AFF

Meski sempat menjadi tempat penyelenggaraan dua ajang semifinal Piala AFF (2012 dan 2014), namun, pada awal 2016 AFF sempat menyatakan bahwa Rizal Memorial Stadium tidak lolos verifikasi untuk melaksanakan pertandingan Piala AFF. Pihak AFF memiliki alasan kenapa stadion yang sudah direnovasi ini tidak layak untuk menyelenggarakan ajang sepakbola dua tahunan antar negara Asia Tenggara tersebut.

“Setelah inspeksi yang dilakukan oleh pihak AFF, mereka menyatakan bahwa Rizal Memorial Stadium yang berkapasitas 15.000 ini tidak lolos verifikasi untuk mengadakan pertandingan grup Piala AFF. Mereka menolak Rizal Memorial karena pihak AFF menginginkan stadion yang memiliki kapasitas minimal 30.000 sebagai tempat penyelenggaraan pertandingan grup Piala AFF 2016,” ujar Federasi Sepakbola Filipina pada kisaran Februari 2016.

Secara bangunan, sebenarnya Rizal Memorial cukup mendukung untuk diadakannya pertandingan sebesar Piala AFF. Hasil dari renovasi pada 2011 membuat stadion ini menjadi lebih nyaman dan juga permukaan lapangan menjadi lebih empuk. Namun, kurangnya kapasitas penonton, yang maksimal hanya mampu menampung 12.000 sampai 15.000 penonton menjadi sebuah pekerjaan rumah bagi PFF.

Walau tidak mendapatkan restu dari AFF, berdasarkan jadwal Piala AFF yang sudah rilis di laman resmi AFF Suzuki Cup, Rizal Memorial Stadium tetap digunakan, tapi hanya dalam satu pertandingan, yaitu pertandingan yang mempertemukan antara Singapura dan Indonesia. Sisanya akan dilangsungkan di Phillipine Sports Stadium.

Menuju ke Rizal Memorial Stadium dan Atmosfer yang Ditawarkan

Berada di lokasi yang ramai, yaitu di daerah jalan Vito Cruz, Manila, tempat orang-orang berkumpul, banyak sekali bus yang bisa anda pakai untuk menuju ke daerah tersebut. Selain menggunakan bus, anda bisa menggunakan jeepney untuk mencapai Rizal Memorial Stadium. Pada intinya, karena berlokasi di daerah ramai, stadion ini mudah untuk dijangkau.

Juga, seperti kebanyakan stadion-stadion sepakbola, di tempat ini pun para pendukung Filipina kerap melakukan aksi-aksi menarik dalam memberikan dukungan kepada The Azkals. Salah satunya tercantum dalam video ini ketika timnas Filipina bertanding dalam semifinal Piala AFF 2014.



Orang-orang mulai rajin berdatangan ke stadion setelah Filipina mencetak prestasi mumpuni dalam tiga gelaran Piala AFF, sekaligus tampil dalam beberapa ajang internasional seperti kualifikasi Piala Dunia. Atmosfer dari orang-orang inilah yang bisa disaksikan jika menonton pertandingan timnas Filipina di Rizal Memorial Stadium, meskipun nanti dalam gelaran Piala AFF 2016 pertandingan akan terpusat di Phillipine Sports Stadium.

foto: Wikipedia

Komentar