Penunjuk Jalan Menuju Panah Hijau di FPL

PanditSharing

by Pandit Sharing

Pandit Sharing

Ingin menulis di PanditFootball.com? Kirimkan ke sharingpandit@gmail.com

1. Lengkapi dengan biodata singkat dan akun Twitter di bawah tulisan
2. Minimal 900 kata, ditulis pada file Ms. Word
3. Tulisan belum pernah dipublikasikan di media apapun (blog, website, forum, dll)
4. Tambahkan alamat lengkap dan nomor HP (tidak dipublikasikan)

Penunjuk Jalan Menuju Panah Hijau di FPL

Oleh : UpiLuthfi (Akun X : @upiLuthfi)
Editor : Bayu Pramono

Jika kita mau pergi ke suatu tempat yang belum pernah kita kunjungi, pasti kita butuh peta atau “penunjuk jalan” untuk memberikan informasi jalan mana yang harus ditempuh, ada halangan apa yg akan dilewati. Sama halnya dengan Fantasy Premier League (FPL). Walaupun ini permainan individu yang mengasah skill analisis kita, tapi tidak ada salahnya kita menggunakan penunjuk jalan untuk bermain FPL yang sesuai dengan tujuan kita.

Pertanyaannya, Penunjuk Jalan mana yang sebaiknya kita gunakan dalam FPL?

Untuk musim 2024/2025, ada sejumlah akun sosial media di platform X (sebelumnya Twitter), Instagram, dan YouTube yang sangat relevan dan populer di kalangan para manajer FPL. Akun-akun ini menawarkan berbagai insight, mulai dari prediksi line up hingga analisis berbasis data, yang bisa membantu Anda membuat keputusan terbaik untuk tim Anda. Berikut adalah beberapa akun yang perlu Anda ikuti:

  1. X (Twitter)
  • @BenCrellin
    Dikenal sebagai "Raja Jadwal". Untuk prediksi Double Gameweeks (DGW) dan Blank Gameweeks (BGW), Ben Crellin adalah sumber terpercaya bagi manajer yang ingin merencanakan strategi jangka panjang. Spreadsheet yang disediakannya secara rutin diupdate dengan jadwal terkini, memberikan panduan yang sangat berguna untuk penggunaan chips seperti Wildcard atau Free Hit.
  • @AllAboutFPL
    Akun ini adalah salah satu yang paling populer di komunitas FPL. Mereka memberikan analisis yang mendalam tentang statistik pemain, pilihan 11 pemain, hingga aset diferensial yang layak diambil. Mereka juga menyediakan prediksi kapten mingguan dengan bantuan matriks yang informatif dan ulasan mendalam untuk membantu pemilihan kapten.
  • @FFScout
    Fantasy Football Scout adalah komunitas besar yang sudah dikenal luas oleh pemain FPL. Mereka menawarkan berbagai konten, mulai dari utas diskusi, data statistik, hingga artikel eksklusif yang membahas strategi bermain. Akun ini sering kali menjadi acuan pertama bagi banyak manajer FPL dalam membuat keputusan mingguan.
  • @FPL_Salah
    Dikelola oleh seorang manajer FPL yang konsisten masuk ke peringkat 1% teratas, akun ini menawarkan tips transfer mingguan, strategi chip, dan analisis statistik. FPL Salah juga sering berbagi opini dan saran dari sudut pandang unik yang sangat berguna bagi para pemain.
  • @Fantasypaedia
    Akun ini sering saya tunggu-tunggu karena kontennya yang informatif mengenai kelemahan zona tiap tim yang akan bertanding pada Gameweek bermain. Dikemas dalam infografis yang informatif dengan bahasa yang mudah dimengerti.

  1. Instagram
  • @fantasy.premierleague
    Akun resmi FPL ini memberikan update langsung dari pengembang permainan, termasuk berita penting seperti cedera pemain, jadwal pertandingan, dan tips kapten. Mereka juga sering mengadakan kontes dan kegiatan interaktif untuk pengikut mereka.
  • @fpltips__
    Akun ini menyediakan infografis yang menarik dan mudah dimengerti tentang statistik pemain, pilihan kapten, dan prediksi lineup. Mereka fokus pada analisis data yang simpel namun komprehensif, yang bisa membantu manajer FPL membuat keputusan dengan lebih percaya diri.
  • @fplfamily
    Dikelola oleh pasangan suami istri, akun ini memberikan konten yang segar dan menarik dengan pendekatan yang lebih personal. Mereka membahas strategi mingguan, analisis pertandingan, dan sering mengadakan sesi Q&A serta live chat untuk berinteraksi dengan komunitas FPL.
  • @fpl_son
    Akun yang aktif ini menyediakan tips dan prediksi mingguan, fokus pada pemain-pemain dengan potensi poin tinggi. FPL Son juga memberikan ulasan yang komprehensif tentang performa tim dan pemain, serta strategi transfer berdasarkan jadwal pertandingan ke depan.
  1. YouTube
  • FPL Mate
    Dikenal dengan analisis statistik yang mendalam dan presentasi yang jelas, kanal ini menawarkan panduan mingguan, tips kapten, strategi chip, dan ulasan tentang pilihan transfer. Setiap minggu, FPL Mate menyajikan konten baru yang memadukan data dengan opini pakar, membantu manajer FPL dalam membuat keputusan penting.
  • Let`s Talk FPL
    Salah satu kanal paling terkenal di kalangan komunitas FPL global, Let`s Talk FPL menawarkan berbagai video mulai dari strategi transfer mingguan hingga tips penggunaan chip. Andy, host kanal ini, juga sering mengadakan sesi live streaming di mana dia mendiskusikan topik FPL terbaru dan menjawab pertanyaan dari para penonton.
  • FPL Raptor
    FPL Raptor mengambil pendekatan unik dengan memadukan psikologi olahraga dan FPL, membantu para manajer memahami emosi dan pola pikir di balik pengambilan keputusan mereka. Video-videonya mencakup analisis mendalam, wawancara dengan pakar, dan diskusi yang kaya akan wawasan strategis.
  • FPL Wire
    Kanal ini sering mengundang tamu pakar dan menawarkan konten diskusi yang mendalam tentang strategi, data statistik, dan tren pemain. FPL Wire dikenal dengan presentasinya yang profesional dan analisis berbasis data yang sangat detail, menjadikannya salah satu referensi terbaik untuk manajer FPL.

Musim ini Pandit FPL berkolaborasi dengan Battle Royal FPL Indonesia (BRFI) menjadi liga FPL paling prestisius. Liga ini sangat unik sebab mengakomodasi pemain untuk bermain sebagai tim, bukan individu. BRFI musim ini hadir dengan empat liga (Liga 1, Liga 2, Liga 3, dan Liga 4). Di akhir musim pemenang Liga 1 akan mendapatkan piala yang ditargetkan menjadi piala bergilir dan medali untuk setiap pemain. Sementara Liga 2 hingga Liga 4 akan mendapatkan plakat.

Local Pride!

Selain nama-nama di atas, saya akan sebutkan beberapa akun yang dibuat oleh konten creator asal Indonesia, baik yang ada di platform X, Instagram, maupun Youtube.

  • @PanditFPL
    Akun ini sering membagikan konten edukatif seperti penjelasan tentang aturan FPL, cara membaca statistik, dan tips pemula untuk membantu manajer yang baru memulai. Saya pertama kali bermain FPL, mencoba mengenal istilah-istilah, strategi bermain, pemilihan kapten , dan sebagainya melalui akun ini. Bagi manajer FPL di Indonesia, @panditFPL adalah salah satu sumber paling relevan karena memberikan analisis dan informasi yang disesuaikan dengan konteks lokal. Akun ini juga memiliki interaksi yang aktif dengan komunitas memungkinkan pengikut untuk berdiskusi dan bertukar pikiran dengan manajer lain, serta mendapatkan jawaban langsung dari para ahli FPL di Indonesia.
  • @FPL.Begini
    Akun ini dikenal dengan pendekatan yang informatif, ringan, dan kadang-kadang humoris, menjadikannya sumber yang menyenangkan dan bermanfaat untuk mengikuti perkembangan FPL. Mereka aktif di Instagram dengan pengikut yang sudah menyentuh lebih dari 15 ribu.
  • @eyetestFPL
    Biasa dikenal dengan panggilan Stevie, beliau membuat akun yang khusus menganalisis performa pemain dalam Fantasy Premier League (FPL) berdasarkan observasi langsung atau "eye test." Akun ini menjadi referensi populer bagi manajer FPL yang ingin melengkapi analisis statistik mereka dengan penilaian berbasis pengamatan dalam Bahasa Inggris. Biasanya aktif di X, musim ini sedang mencoba merambah ke kanal Youtube.
  • @KoFPLI
    KoFPLI (Komunitas Fantasy Premier League Indonesia) adalah akun yang menjadi salah satu pusat informasi dan komunitas bagi para pemain Fantasy Premier League (FPL) di Indonesia. Akun ini sangat aktif dalam menyediakan berbagai macam konten seputar FPL, termasuk diskusi strategi, berita terbaru, analisis, serta interaksi yang erat dengan pengikutnya.
  • @upiLuthfi
    Boleh ya meningkatkan personal branding, hehe. Akun ini yang dikelola oleh saya sendiri, Luthfi Aditia, seorang penggemar berat Fantasy Premier League (FPL) dari Indonesia. Saya sering memberikan analisis, saran strategis, dan konten yang interaktif. Saya juga sering berbagi pengalaman pribadi dalam bermain FPL, termasuk keputusan-keputusan sulit, hasil transfer, dan penggunaan chip. Ini memberikan perspektif yang lebih personal dan relatable di X.

Mengapa Mengikuti Akun-Akun Ini Penting?

Mengikuti akun-akun di sosial media seperti X, Instagram, dan YouTube yang relevan pada musim 2024/2025 ini adalah cara efektif untuk tetap mendapatkan informasi terkini, prediksi berbasis data, dan tips strategis dari pakar FPL. Ini dapat membantu manajer FPL mengoptimalkan keputusan transfer, pilihan kapten, dan strategi penggunaan chip. Dengan akses ke konten yang disediakan oleh para pakar FPL, manajer dapat mengasah kemampuan analitis mereka dan meraih kesuksesan lebih tinggi di klasemen.

Sebenarnya masih banyak akun-akun dari luar maupun dalam negeri yang memberikan informasi-informasi FPL dalam bentuk komunitas ataupun individu namun tidak dapat dibahas satu per satu seperti @BigManBakar , @thefplbois , @11filipnovak , @FPL_Sieltam , @IanTambunan , @FPL62_ dan lain-lain. Silakan kalian cek sendiri di X, Instagram, dan Youtube. Pilih konten sesuai selera kalian, sesuai tujuan kalian, jika ingin menyontek, silakan saja, tapi ingat, main FPL tetaplah permainan individu, keputusan di jempol kalian. Tidak ada salah benar dalam permainan ini!

Selamat bermain dan salam panah hijau!

Komentar