Borong Palmer : Strategi atau Fomo?

PanditSharing

by Pandit Sharing

Pandit Sharing

Ingin menulis di PanditFootball.com? Kirimkan ke sharingpandit@gmail.com

1. Lengkapi dengan biodata singkat dan akun Twitter di bawah tulisan
2. Minimal 900 kata, ditulis pada file Ms. Word
3. Tulisan belum pernah dipublikasikan di media apapun (blog, website, forum, dll)
4. Tambahkan alamat lengkap dan nomor HP (tidak dipublikasikan)

Borong Palmer : Strategi atau Fomo?


oleh : A. Benhard (@FPL_sieltam)
Editor : Bayu Pramono

Fantasy Premier League (FPL) sudah memasuki
Gameweek (GW) ketujuh yaitu dua GW sebelum International Break (IB). Manajer berlomba-lomba mencapai posisi terbaik di klasemen dengan berbagai cara, salah satunya adalah menggunakan Wildcard. Namun, mendapatkan panah hijau di FPL tidak semudah membalikan telapak tangan. Bahkan tidak jarang aktivasi WC berujung pada panah merah.

GW keenam menjadi momentum yang cukup populer untuk aktivasi wildcard, meskipun ada beberapa GW lain yang juga cocok untuk mengaktifkan chips keramat ini. Pengguna WC di GW keenam yang tidak memasukkan Palmer (10.7 M) harus gigit jari sebab pemuda ini mencetak 4 gol sekaligus menjadi rank killer bagi manajer tanpa Palmer. Hingga saat ini, Palmer (10.7 M) merupakan pemain dengan jumlah poin tertinggi dengan 61 poin diikuti oleh Salah (12.7 M) dan Luis Diaz (8.0 M).

Fenomena ini membuat pengguna WC di GW keenam (dan juga manajer lain yang di timnya tidak tercantum nama Palmer) sangat tertekan. Pada ada umumnya, manajer yang mengaktifkan WC akan diikuti dengan rolling transfer, yaitu tidak menggunakan free transfer pada GW selanjutnya. Tapi 25 poin dari Palmer (10.7 M) pada GW keenam akan mempengaruhi rencana rolling transfer tersebut.Di kepalanya termuat pertanyaan besar, haruskah angkut Palmer sekarang?

Opsi pertama adalah dengan tetap pada rencana awal yaitu, rolling transfer dan menghadapi GW ketujuh tanpa Palmer. Pilihan ini cukup rasional mengingat lima GW ke depan, Chelsea akan melawan Liverpool, Newcastle, Manchester United, dan Arsenal yang di atas kertas tidak mudah. Perlu ditambahkan, akan ada IB menjelang GW delapan yang memiliki risiko pemain yang membela tim nasional mereka kembali dengan cedera. Jika pemain cedera, dua rolling transfer dapat membantu manajer mempersiapkan tim terbaik di GW kedelapan.

Opsi kedua adalah dengan melakukan penyesuaian kembali rencana awal dengan menggunakan free transfer menjelang GW ketujuh. Salah satu pemain yang cukup menarik tentu saja Palmer (10.7 M). Dilansir halaman resmi FPL, Palmer (10.7 M) memiliki 3.03 expected goal involvement atau xGI (index yang memberikan berapa jumlah attacking return yang diharapkan dari seorang pemain per 90 menit bermain). Jadwal berat lima GW ke depan bukan tidak mungkin dimanfaatkan Palmer yang akan melawan Nottingham Forest, Newcastle, dan Manchester United yang punya masalah dalam pertahanan. Terlihat dari expected goal conceded (xGC) yang menunjukan angka harapan kebobolan suatu tim. Menurut halaman resmi FPL, pada GW enam, xGC Nottingham Forest adalah sebesar 1.33, Newcastle sebesar 0.24 dan Manchester United sebesar 4.59.

Musim ini Pandit FPL berkolaborasi dengan Battle Royal FPL Indonesia (BRFI) menjadi liga FPL paling prestisius. Liga ini sangat unik sebab mengakomodasi pemain untuk bermain sebagai tim, bukan individu. BRFI musim ini hadir dengan empat liga (Liga 1, Liga 2, Liga 3, dan Liga 4). Di akhir musim pemenang Liga 1 akan mendapatkan piala yang ditargetkan menjadi piala bergilir dan medali untuk setiap pemain. Sementara Liga 2 hingga Liga 4 akan mendapatkan plakat.

Manajer dapat menentukan strategi terbaik di antara kedua opsi di atas setelah dilanda panah merah setelah WC. Sebagai tambahan, WC tidak dapat dikatakan gagal hanya karena mengalami panah merah. Satu GW buruk setelah WC tidak menggambarkan Anda adalah Manajer yang buruk. Akan ada GW tujuh yang dapat menjadi peluang meraup poin dengan skuad yang ada di tim dan perlu disadari bahwa perjalanan FPL masih cukup panjang di musim ini dan banyak hal dapat terjadi.

Sebagai penutup, komunitas FPL Indonesia adalah tempat berdiskusi yang positif. Khusus untuk Manajer yang aktif di sosial media X, dapat mengikuti #TanyaSiElangHitam bersama @CurtisJonesID setiap hari Jumat malam. Kesempatan bertanya dan membaca ulasan menjelang deadline GW tujuh dapat dimanfaatkan untuk bertukar pikiran strategi bermain FPL. Ada pepatah mengatakan “bertanya adalah awal dari panah ijo”. Oleh karena itu mari kita saling berdiskusi karena bertukar pikiran dalam komunitas akan memperluas wawasan FPL kita. Selamat mempersiapkan tim di GW tujuh!

Komentar