Kylian Mbappe, Remaja yang Memecahkan Rekor Thiery Henry

Berita

by redaksi

Kylian Mbappe, Remaja yang Memecahkan Rekor Thiery Henry

Kylian Mbappe berhasil memecahkan rekor sebagai pencetak gol termuda dalam sejarah klub AS Monaco. Ia mematahkan rekor sebelumnya yang dipegang Thierry Henry. Catatan manis tersebut terukir saat Monaco sukses mengalahkan Troyes dengan skor 3-1 pada lanjutan laga Ligue1 pekan ke-26 Minggu 21 Februari kemarin.

Mbappe masuk sebagai pemain pengganti pada menit 73 untuk menggantikan Vagner Love. Pemain keturunan Kamerun tersebut berhasil mencetak gol setelah mendapatkan umpan dari Helder Costa di penghujung laga, tepat di menit 90 sesaat sebelum laga usai. Sontekan manisnya gagal dihalau oleh penjagang gawang Troyes Mathieu Dreyer. Dengan gol tersebut ia mencatatkan namanya saat sebagai pemain termuda Monaco yang sukses mencatatkan namanya di papan skor pada usia 17 tahun 63 hari.

Sementara itu Henry mencetak gol pertamanya bersama Monaco pada tanggal 29 April 1995 sewaktu tim berkaos putih merah itu menang atas Lens dengan skor 6-0. Rekor tersebut bertahan selama 21 tahun, bahkan saat itu Mbappe belum dilahirkan saat pemain yang pernah membawa Perancis Juara Dunia tersebut mengukirkan rekornya.

Mbappe seakan memang ditakdirkan untuk menjadi regenerasi Henry. Selain sanggup memecahkan rekor pendahulunya tersebut, sebelum bermain untuk Monaco keduanya berasal dari dari akademi yang sama yakni Clairefontaine.

Seperti yang diungkapkan Jean-Claude Lafarde mantan pelatihnya di Clairefontaine, “Ia adalah seorang pemain yang mampu menggiring bola dengan sangat baik dan sanggup membuat (musuh) panik sepertiga lini pertahanan musuh. Meskipun tidak memiliki fisik yang terlalu mengesankan, namun mempunyai keunggulan dalam kecepatan serta berbahaya saat bola sedang berada di kakinya.”, seperti yang dikutip UEFA.com.

Sebelumnya Mbappe juga memecahkan rekor Henry saat melakukan debutnya untuk tim yang bermarkas di Stade Louis II ini pada usia  16 tahun 347 hari, sedangkan 20 tahun Henry melakoni laga perdananya saat berumur 17 tahun 14 hari. Dengan latar belakang yang hampir sama serta sukses memecahkan kedua rekor Henry, bukan tak mungkin suatu saat nanti Mbappe mampu mengungguli kehebatan seniornya tersebut.

Komentar