Peserta Piala Dunia 2026 Bertambah Menjadi 48 Tim

Berita

by Gunanda Hasdiansyah

Gunanda Hasdiansyah

Pecandu game Football Manager yang mencintai sepak bola dengan segala keindahannya

Peserta Piala Dunia 2026 Bertambah Menjadi 48 Tim

Dewan FIFA akhirnya secara resmi telah menyetujui usulan Presiden FIFA, Gianni Infantino terkait penambahan jumlah peserta Piala Dunia 2026. Jumlah peserta pada Piala Dunia 2026 akan bertambah menjadi 48 tim, sebelumnya jumlah peserta Piala Dunia adalah 32 tim.

Ide awal penambahan jumlah peserta Piala Dunia ini berasal dari mantan Presiden FIFA, Sepp Blatter yang mengusulkan 40 tim. Tetapi format 40 tim yang terbagi ke dalam delapan grup yang terdiri dari lima tim atau sepuluh grup yang terdiri dari empat tim gagal menarik banyak dukungan.

Hal ini membuat Infantino mengusulkan menjadi 48 tim, dengan ide pertama diadakannya play-off antara 32 tim non unggulan untuk memutuskan siapa yang pantas bergabung dengan 16 tim unggulan dengan format delapan grup yang terdiri dari empat tim. Namun ide tersebut tidak mendapat respon bagus karena terlalu merepotkan tim-tim yang mengikuti play-off. Karena tim-tim tersebut harus melakukan perjalanan hanya untuk satu pertandingan saja.

Lalu Infantino mengusulkan ide keduanya dengan tetap berisi 48 tim namun tidak menggunakan babak play-off. Ke-48 tim tersebut akan dibagi ke dalam 16 grup yang terdiri dari tiga tim. Ide ini mendapatkan persetujuan secara bulat.

Dengan format yang telah disetujui tersebut, babak grup hanya dilaksanakan satu kali saja. Dua tim teratas dari setiap grup akan lolos ke babak gugur 32 besar. Total pertandingan yang akan dilaksanakan pada turnamen ini berjumlah 80 pertandingan. Sebelumnya dengan format 32 tim, total 64 pertandingan dimainkan.

Selain itu juga ada kemungkinan aturan baru lainnya ditambahkan pada Piala Dunia 2026 nanti yaitu tendangan penalti akan diberlakukan sebagai pertimbangan tambahan jika ada dua tim atau lebih yang berpeluang lolos ke babak gugur namun memiliki poin dan selisih gol yang sama. Aturan baru ini masih didiskusikan FIFA pada rapatnya yang masih berlangsung saat ini.

Infantino mengusulkan ide ini karena termotivasi untuk memberikan kesempatan bagi banyak negara untuk bermain di Piala Dunia. Penambahan jumlah peserta Piala Dunia ini memang akan membuat negara-negara yang selama ini sulit untuk lolos ke Piala Dunia mendapatkan secercah harapan termasuk di dalamnya Indonesia.

foto : fifa.com

Komentar